PDF- Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad Ke 21 untuk Sekolah Dasar
Gambar. Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad Ke 21 untuk Sekolah Dasar |
Selamat Datang di Blog Data Guru. Pada kesempatan ini admin akan membahas mengenai Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad ke 21. Berikut ini adalah penjelasannya
PEMBELAJARAN ABAD KE 21
- Pengertian
Perlu bapak ibu ketahui bahwa pengertian Pembelajaran Abad ke 21 adalah proses belajar mengajar yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dengan multi sumber yang menempatkan peserta didik berperan aktif dalam pemerolehan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) dan kecakapan abad ke-21 serta literasi.
- Metode Pembelajaran Abad ke-21
- Pembelajaran dengan metode ilmiah,
- Inquiry/discovery learning,
- Project-based learning, dan
- Problem-based learning.
Melalui keterlibatan secara aktif peserta didik dalam aktivitas-aktivitas belajar pada langkah-langkah pembelajaran metode-metode tersebut, sikap/nilai karakter, pengetahuan, keterampilan, kecakapan abad ke-21, kecakapan literasi, dan kecakapan berfikir tingkat tinggi akan otomatis diperoleh oleh peserta didik.
PENILAIAN FORMATIF
- Pengertian Penilaian Formatif
- Teknik Penilaian Formatif
- Observasi (Pengamatan)
- Catatan Anekdot
- Buku Catatan Anekdot
- Kartu Catatan Anekdot
- Label atau Catatan Tempel (Sticky Notes)
- Bertanya (Questioning)
- Diskusi
- Exit/Admit Slips
- Exit Slips
- Admit Slips
- Lembar Catatan Belajar Peserta didik
- Lembar refleksi
- Lembar Tanggapan Peserta didik
- Penilaian Diri dan Penilaian Antarteman (Self- dan Peer-Assessment)
- Latihan Presentasi
- Peta Konsep
- Penilaian Kinestetik
- Papan Bicara
- Kuis Konstruktif
- Penugasan
- Daftar cek
- Jawaban Bersama
- Contoh dan Bukan Contoh
- Tunjuk Lima Jari
- Menyebutkan hal-hal yang sudah dipelajari
- Uraian Singkat
- Ringkasan Singkat
- Pertanyaan dengan Jawaban Terbuka
- Memecahkan Masalah
- Kartu Jawaban
- Pertanyaan-Pertanyaan yang Dibuat oleh Peserta didik
PELAKSANAAN PENILAIAN FORMATIF
- Proses Pelaksanaan Penilaian Formatif
- Pengumpulan Informasi (elisitasi),
- Pengolahan dan Interpretasi Informasi, dan
- Pengambilan Tindakan berdasarkan hasil interpretasi penilaian.
PEMBERIAN UMPAN BALIK DALAM PENILAIAN FORMATIF
- Pengertian Umpan Balik
Jika bapak ibu sudah memahami penjelasan diatas, maka selanjutnya silahkan unduh file PDF nya pada tautan link di bawah ini:
Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad Ke 21 untuk Sekolah Dasar
Demikian artikel Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad Ke 21 untuk Sekolah Dasar ini saya ampaikan, semoga bermanfaat.
0 Response to "PDF- Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad Ke 21 untuk Sekolah Dasar"
Post a Comment