Contoh Soal PAS Biologi SMA Kelas XII Kurikulum 2013

Selamat datang di Blog Data Guru. Pada kesempatan ini, admin akan membagikan dan membahas Contoh Soal PAS untuk Mata Pelajaran Biologi Kelas XII Kurikulum 2013. Selengkapnya simak di bawah ini:
Contoh Soal PAS Biologi SMA Kelas XII Kurikulum 2013

PAS merupakan kependekan dari Penilaian Akhir Semester pada setiap pembelajaran di sekolah melalui kurikulum 2013. Isitilah PAS ini populer semenjak adanya kurikulum 2013 baik tingkat SD/ MI, SMP/ MTs, SMA/ MA dan SMK.

Baca Juga:

Contoh Soal Olimpiade Sains Nasional Biologi SMA untuk Seleksi Tingkat Kabupaten
Contoh Soal Olimpiade Sains Nasional Kimia SMA Tingkat Kabupaten
Istilah PAS (Penilaian Akhir Semester) atau sering di sebut dengan UAS (Ujian Akhir Semester) dilakukan pemerintah untuk dilaksanakan kepada setiap sekolah dalam mengukur tingkat kemampuan dan pemahaman siswa pada proses belajar mengajar selama 1 semester.

Pada artikel yang sedang di bahas ini, admin membagikan file lebih spesifik yaitu contoh soal PAS/ UAS untuk mata pelajaran Biologi Kelas XII. Soal ini bukan merupakan bocoran soal UAS/ PAS yang akan keluar, namun ini hanya sebagai contoh dalam pembuatan soal PAS/ UAS Mapel Biologi jenjang SMA.

Contoh soal PAS/ UAS ini dibuat sudah sesuai dengan kurikulum 2013 revisi terbaru, jadi bapak ibu tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan. 

Di bawah ini saya akan mereview sebagian soal PAS/ UAS Biologi tingkat SMA Kelas XII untuk bahan pertimbangan bapak ibu sebelum mendownload soal yang di sediakan.

Baca Juga:

Contoh Soal PAS/ UAS Biologi SMA Kelas XII bisa di lihat di bawah ini:
1. Tipe perkecambahan di mana kedudukan epikotil tumbuh ke permukaan tanah, sedangkan kotiledonnya masih di dalam tanah disebut…
a. Perkecambahan epigeal
b. Perkecambahan hypogeal
c. Perkecambahan hipokotil
d. Perkecambahan monokotil
e. Perkecambahan dikotil

2. Selama proses perkecambahan, biji akan mendapatkan makanan tidak melalui proses fotosintesis karena masih ada cadangan makanan energy pada…
a. Kulit biji               c. kulit buah         e. daging buah
b. Kotiledon            d. endosperm

3. Gumilar menanam cabe di kebunnya, tetapi pada saat usia tanaman sembilan minggu tanaman tomat tersebut belum menunjukan adanya perkembangan munculnya bunga,  kemudian Gumilar memberi hormon tumbuhan ke toko pupuk agar tanaman tomatnya tersebut dapat lebih cepat munculnya bunga, Hormon tumbuhan apakah yang dapat memacu tumbuhnya bunga…
a. Gas etilen            c. Auksin             e. Giberelin
b. Asam absisat      d. Antokalin

4. Agung sedang melakukan sebuah penelitian dalam penanaman jeruk, kemudian dalam penelitiannya Agung menginginkan hasil jeruknya tersebut lebih cepat dalam pemasakan buahnya agar lebih cepat di panen. Agar tanaman jeruk tersebut lebih cepat pemasakan buahnya maka Agung harus memberikan suatu hormone tumbuhan, hormone tumbuhan apakah yang dapat membantu pemasakan buah?
a. Gas etilen           c. Auksin             e. Giberelin
b. Asam absisat     d. Antokalin

5. Taopik melakukan penelitian perkecambahan kacang hijau, dia melakukan uji coba dalam penanamannya dengan dua perlakuan yang berbeda, yaitu penaman yang dilakukan di tempat terang dan tempat gelap. Pada tempat terang dia mendapatkan hasil tanaman yang bagus dengan ciri-ciri daun berwarna hijau terang dan plumulanya lebih cepat muncul. Kemudian Ciri-ciri apakah yang akan dimiliki pada tumbuhan yang di tanam di temapt gelap?
a. Memiliki daun yang sempit
b. Memiliki jaringan mesofil yang tebal
c. Kloroplas yang cukup 
d. Transpirasi yang tinggi
e. Tumbuhan cepat, tetapi abnormal

Contoh soal di atas hanya cuplikan atau gambaran dari soal PAS Biologi SMA Kelas XII yang di muat pada postingan ini. Untuk Lebih Lengkapnya bisa di unduh langsung pada informasi dan tautan di bawah ini.

Untuk lebih lengkapnya bisa bapak ibu download file Soal PAS/ UAS Biologi SMA Kelas XII Kurikulum 2013 di bawah ini:
Soal PAS/ UAS Biologi SMA Kelas XII Kurikulum 2013 (Download)


Admin rekomendasikan juga soal PAS Jenjang SD berikut ini:

Download Contoh Soal PAS SD Kelas 6 Lengkap dengan Kisi Kisi dan Kunci Jawaban

Download Contoh Soal PAS SD Kelas 3 Lengkap dengan Kisi Kisi dan Kunci Jawaban

Download Contoh Soal PAS SD Kelas 2 Lengkap dengan Kisi Kisi dan Kunci Jawaban

Download Contoh Soal PAS SD Kelas 1 Lengkap dengan Kisi Kisi dan Kunci Jawaban

Demikian artikel Contoh Soal PAS Biologi SMA Kelas XII Kurikulum 2013 ini saya buat, semoga bermanfaat. Terima Kasih

0 Response to "Contoh Soal PAS Biologi SMA Kelas XII Kurikulum 2013"

Post a Comment

Silahkan Bapak Ibu Memberi Komentar Yang Positif Terhadap Postingan atau Artikel Yang Admin Buat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel