Silabus K13 PAI Untuk SD Lengkap

 Berikut di bahas tentang Silabus Pembelajaran Mapel PAI Jenjang SD Lengkap untuk kelas 1, klas 2, kelas 3, kelas, 4, kelas 5 dan kelas 6. Silabus ini sudah revisi terbaru kurikulum 2013 (K13). Pembahasan lengkap nya di bawah ini:

Silabus PAI SD k13 lengkap


Pengertian Silabus Secara Umum

Secara umum silabus apat di artikan sebagai rencana pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang di susun secara sistematis dengan memuat komponen komponen berkaitan untuk mencapai kompetensi dasar pada satuan pendidikan. Silabus disusun guru kelas ataupun bidang study setiap awal tahun pembelajaran.

Fungsi Silabus Pembelajaran

Silabus di susun berdasarkan 8 standar nasional pendidikan yaitu diantaranya standar isi dan standar kompetensi lulusan. Dibawah ini adalah fungsi silabus untuk kegiatan pembelajaran di sekolah:
  • Silabus dapat dijadikan pedoman dalam penyusunan buku siswa.
  • Silabus menjadi acuan dalam penyusunan rencana pembelajaran, dan pengembangan penilaian hasil pembelajaran.
  • Silabus sebagai alat untuk aktualisasi kurikulum secara operasional pada tingkat satuan pendidikan, sehingga memudahkan guru melakukan kegiatan pembelajaran.

Komponen Silabus di Sekolah

Dalam penyusunan silabus pembelajaran pada satuan pendidikan, harus memuat komponen komponen berikut sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Di bawah ini adalah komponen penyusunan silabus:
  1. Identitas Mata Pelajaran
  2. Identitas Sekolah/ Satuan Pendidikan
  3. Kompetensi Inti (KI)
  4. Kompetensi Dasar (KD)
  5. Materi Pokok
  6. Kegiatan Pembelajaran
  7. Penilaian
  8. Alokasi Waktu
  9. Sumber Belajar
  10. Disahkan oleh guru dan kepala sekolah

Prinsip Pengembangan Silabus

Silabus disusun dan dikembangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berikut adalah prinsip prinsip pengembangan silabus secara umum:

  • Ilmiah

Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

  • Relevan

Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.

  • Sistematis

Komponen-komponen silabus  harus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

  • Konsisten

Silabus harus memperlihatkan adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.

  • Memadai

Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian pada silabus cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.

  • Aktual dan Kontekstual

Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian dalam silabus memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.

  • Fleksibel

Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.

  • Menyeluruh

Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Lampiran File Silabus K13 PAI Kelas 1,2,3,4,5, dan 6 Jenjang SD

Selanjutnya di bawah ini saya bagikan file dari silabus K13 Mapel PAI untuk Kelas 1, Kelas 2, Kelas 3, Kelas 4, Kelas 5 dan Kelas 6 Lengkap:

File doc silabus k13 PAI SD Kelas 1,2,3,4,5,6


Peran silabus ini sangat penting untuk sekolah, maka dari itu guru kelas dan guru mata pelajaran diwajibkan untuk menyusun silabus secara berkala dalam jangka waktu per aweal tahun pelajaran. Demikian pembahasan Silabus k13 PAI untuk SD lengkap ini di bahas, semoga bermanfaat. Terima kasih

0 Response to "Silabus K13 PAI Untuk SD Lengkap"

Post a Comment

Silahkan Bapak Ibu Memberi Komentar Yang Positif Terhadap Postingan atau Artikel Yang Admin Buat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel