Contoh Program Kerja Bidang HUMAS

Selamat datang di Blog Data Guru. Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai Contoh Program Kerja Bidang HUMAS. File dan informasi pada artikel Contoh Program Kerja Bidang HUMAS sudah saya persiapkan sebaik mungkin untuk di gunakan sebagai referensi dalam pembuatan Progran Kerja Bidang HUMAS.
Contoh Program Kerja Bidang HUMAS

Pengertian HUMAS

HUMAS merupakan kependekan dari hubungan masyarakat. Seseorang yang menjabat sebagai HUMAS tentunya harusa memiliki keahlian bersosialisasi yang baik dengan masyarakat. Bagaimanapun juga sekolah tidak bisa terlepas dari lingkungan masyarakat dimana sekolah tersebut berada, hubungan harus tetap dibina dengan baik, kultur dan budaya masyarakat tidak boleh bersinggungan. Bantuan dan silaturahmi dengan warga setempat, harus terus dibina, sumbangan dan santunan bagi masyarakat sekitar yang kurang mampu, adanya musibah, kematian dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya terus dibina sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh sekolah.

Kerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat, RT, RW, Kepala Desa sangat diperlukan dan ditingkatkan lagi karena dengan kerjasama yang baik dan saling pengertian makan akan terciptanya kondisi yang tertib, keamanan terjaga dan situasi selalu kondusif karena masyarakat merasa ikut memiliki dan peduli dengan keberadaan sekolah.

Landasan Hukum Program Kerja Bidang HUMAS

  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 Tentang  Standar Kepala Sekolah/Madrasah
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2008 Tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah

Maksud dan Tujuan Program Kerja Bidang HUMAS

Berikut yang termassuk maksud dan tujuan di adakan Program Kerja Bidang HUMAS adalah sebagai berikut:

  • Maksud

Maksud disusunnya program kerja Wakil Kepala Sekolah urusan Hubungan Masyarakat adalah mampu untuk menjembatani keterlibatan seluruh anggota masyarakat sekolah, guru, karyawan, siswa, orang tua, lingkungan, perguruan tinggi dan lembaga pemerintah dan swasta untuk ikut peduli dalam mengoptimalkan kemampuan dan kerja sama sesuai dengan kemampuannya masing-masing, dan membntu kepala sekolah dalam kegiatan pengelolaan sekolah.

  • Tujuan

Adapun tujuan dari program kerja Wakil Kepala Sekolah urusan hubungan masyarakat adalah:
  1. Meningkatkan kerja sama antar warga sekolah.
  2. Meningkatkan kerja sama antara sekolah dengan masyarakat sekitar sehingga masyarakat merasa memiliki dan tanggung jawab keberadaan sekolah.
  3. Meningkatkan kerjasama dengan tokoh-tokoh masyarakat, komite sekolah sehingga bersama-sama berperan aktif dengan maju mundurnya sekolah.
  4. Menjalin kerjasama dengan alumni
  5. Menjaga keharmonisan hubungan dengan masyarakat sekitar sehingga keamanan sekolah dapat terpelihara dengan baik.
  6. Meningkatkan dan menumbuh kembangkan jiwa persaudaraan, kebangsaan dan persatuan .
  7. Bersama dengan BP/BK Menjalin hubungan dengan perguruan-perguruan tinggi untuk meningkatkan wawasan peserta didik.
Berikut adalah Materi dan Jalur Pembinaan Humas:
  1. Menggali peran serta masyarakat, orang tua, dan alumni dalam  meningkat     kan mutu layanan pendidikan.
  2. Mendorong masyarakat, orang tua dan alumni dalam menjalankan fungsinya sebagai : advisory body ( pemberi pertimbangan ), supporting agency ( pendukung ), baik yang berwujud financial, pemikiran maupun tenaga kependidikan, controlling agency ( pengontrol ) dalam rangka transparansi dan akuntabili tas keluaran pendidikan, evaluating agency ( penilai dan pengawas ) terhadap kebijakan, program, penyelenggaraan dan keluaran pendidikan.
  3. Meningkatkan tanggung jawab masyarakat, orang tua dan alumni  dalam menghimpun dana dari berbagai sumber untuk kelengkapan   sarana dan fasi litas pendidikan.
  4. Meningkatkan peran sebagai mediator antara pemerintah ( eksekutif )  dan atau legislatif dengan masyarakat  sekolah.
Sebelum pada file Program Kerja Bidang HUMAS, bapak ibu coba pahami dulu tentang sistematikanya yang di muat pada daftar isi yaitu sebagai berikut:
Lembar Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I : PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
  2. Landasan Hukum
  3. Maksud dan Tujuan
  4. Sasaran Program
BAB II : PROGRAM KERJA PEMBINAAN HUMAS
  1. Materi dan Jalur Pembinaan Humas
  2. Jenis dan Bentuk Kegiatan Pembinaan Humas
BAB III : MATRIK PROGRAM KERJA WAKA UR. HUMAS
BAB IV : JADWAL PROGRAM KERJA WAKA UR. HUMAS
BAB V : PENUTUP

Setelah memahami sistematika pada Program Kerja Bidang HUMAS maka selanjutnya bapak ibu dapat mendownload filenya dengan gratis pada tautan link dibawah ini:

Contoh Program Kerja Bidang HUMAS

Contoh Program Kerja Bidang HUMAS telah selesai saya jabarkan, semoga file dan informasi mengenai Program Kerja Bidang HUMAS ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

0 Response to "Contoh Program Kerja Bidang HUMAS"

Post a Comment

Silahkan Bapak Ibu Memberi Komentar Yang Positif Terhadap Postingan atau Artikel Yang Admin Buat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel