Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kelas 3 SD Kurikulum 2013

Selamat datang di blog Data Guru. Pada pertemuan kali ini saya akan membagikan file atau informasi mengenai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) untuk kelas 3 jenjang Sekolah Dasar (SD) pada Kurikulum 2013. Selengkapnya simak informasi di bawah:
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kelas 3 SD Kurikulum 2013

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) merupakan alat ukur suatu batasan minimal materi pembelajaran yang diberikan kepada siswa berdasarkan kompleksitas, daya dukung dan inteks siswa. Ketiga isitilah di atas merupakan Kriteria penentuan KKM di sekolah, dan setelah di tentukan nilai kriteria penentuan KKM, maka selanjutnya bapak ibu harus mengisi point standar Hasil KKM dalam Aspek yang meliputi: 
  1. Sikap
  2. Pengetahuan
  3. Keterampilan
Dalam pembahasan pembuatan KKM Kelas 3 untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) Kurikulum 2013 ini di buat secara terpisah atau setiap mata pelajaran. Adapun mata pelajaran yang di kelas 3 pada kurikulum 2013 yaitu:
  • PPKn
  • Bahasa Indonesia
  • Matematika
  • SBdP
  • PJOK
Seperti bapak ibu lihat, mata pelajaran yang di muat pada kelas 3 jenjang SD hanya 5 mata pelajaran. Untuk pelajaran IPA dan IPS sudah dikemas pada kelima mata pelajaran tersebut dengan sistem tematik atau keterkaitan materi satu dengan yang lainnya.

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kelas 3 SD Kurikulum 2013 ini di sediakan untuk semester 1 dan semester 2. Format KKM yang di tulis ini merupakan format terbaru sesuai dengan revisi kurikulum 2013.

Struktur KKM Kelas 3 jenjang SD Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:
  1. Nama Sekolah
  2. Mata Pelajaran
  3. Kelas/ Semester
  4. Tahun Pelajaran
  5. Kompetensi Inti
  6. Kompetensi Dasar
  7. Indikator Pencapaian Kompetensi
  8. Kriteria Penentuan KKM (Kompleksitas, Daya dukung dan inteks siswa)
  9. Hasil KKM dalam Aspek (Sikap, Pengetahuan dan keterampilan)
  10. Nilai KKM
Baik bapak ibu, saya rasa penjelasan di atas sudah cukup silahkan download file KKM Kelas 3 SD Kurikulum 2013 di bawah ini:
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kelas 3 SD Kurikulum 2013 (Download)
Demikian artikel Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kelas 3 SD Kurikulum 2013 ini dibuat semoga bermanfaat. Terima kasih atas partisifasinya telah berkunjung pada blog ini.

0 Response to "Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kelas 3 SD Kurikulum 2013"

Post a Comment

Silahkan Bapak Ibu Memberi Komentar Yang Positif Terhadap Postingan atau Artikel Yang Admin Buat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel