KI dan KD Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar (SD)

Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 Sekolah Dasar (SD) merupakan artikel yang akan saya bagikan filenya untuk bapak ibu yang membutuhkan sebagai pelengkap administrasi disekolahnya masing-masing. KI dan KD ini bermanfaat untuk penyusunan perangkat pembelajaran seperti: Silabus, Prota, Prosem, RPP dan Raport Kurikulum 2013. Saya telah mempersiapkan file KI dan KD Kurikulum 2013 ini sebaik mungkin untuk bapak ibu ambil file dan informasi didalamnya. Baik simak lebih jelasnya penjelasan di bawah ini:
KI dan KD Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar (SD)

Pengertian ki kd kurikulum 2013 sd revisi 2019
  • Kompetensi Inti (KI) kurikulum 2013 Sekolah Dasar (SD)
Kompetensi Inti (KI) adalah gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan kedalam aspek Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Apektif, Kognitif dan Psikomotor) yang harus dipelajari oleh peserta didik dalam satuan jenjang sekolah baik itu kelas ataupun mata pelajaran. Kompetensi Inti (KI) ini harus memiliki keseimbangan antara kemampuan Sikap, Pengetahuan dan Keterampuilan (Apektif, Kognitif dan Psikomotor). Kompetensi Inti (KI) ini berfungsi sebagai pengikat organisasi vertikal dan herizontal Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan:
  1. Sikap keagamaan (kompetensi inti 1), 
  2. Sikap sosial (kompetensi 2), 
  3. Pengetahuan (kompetensi inti 3), dan 
  4. Penerapan pengetahuan (kompetensi 4). 
  • Kompetensi Dasar (KD) kurikulum 2013 Sekolah Dasar (SD)
Organisasi Kompetensi Dasar (KD) kurikulum dilakukan mengenai pendekatan terintegritas, berdasarkan pendekatan tersebut maka terjadi reorganisasi Kompetensi Dasar (KD) terhadap mata pleajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas 1,2 dan 3 kedalam mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP), PKn, Bahasa Indonesia, Matematika dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Dengan pendekatan ini maka mata pelajaran jenjang SD/MI untuk kelas 1, 2 dan 3 menjadi lebih sederhana karena ada pengurangan jumlah mata pelajaran. Disamping itu dengan adanya reorganisasi Kompetensi Dasar (KD) atau pendekatan ini maka akan lebih menghemat administrasi pembuatan perangkat pembelajaran untuk guru kelas 1, 2 dan 3. Organisasi Kompetensi Dasar (KD) kurikulum untuk kelas 4, 5, dan kelas 6 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tercantum dan memiliki kompetensi dasar masing-masing. Untuk proses pembelajaran ata pelajaran IPA dan IPS diintegrasikan kedalam berbagai tema yang terdapat pada buku sumber yang di pegang oleh guru. 

Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) bisa didownload filenya pada link di bawah ini:
KI dan KD Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar (SD)
KI dan KD Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar (SD) (Download File)

Demikian artikel tentang ki dan kd k13 sd ini saya buat semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan komen nya pada postingan ini untuk membantu kelancaran admin dalam membuat atau mengolah informasi penting lainnya yang di butuhkan bapak ibu guru.

0 Response to "KI dan KD Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar (SD)"

Post a Comment

Silahkan Bapak Ibu Memberi Komentar Yang Positif Terhadap Postingan atau Artikel Yang Admin Buat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel